Wednesday, January 10, 2018

Tahap perkembangan pada BALITA

Pada usia satu bulan
Seorang anak harus dapat:
  • putar kepala ke tangan yang membelai pipi atau mulut
  • menyentuh mulut mereka
  • menoleh ke suara familiar dan suara
  • menyusu payudara dan menyentuhnya dengan tangan Anda.
Saran untuk orang tua dan pengasuh anak:
  • kontak langsung dengan anak dan menyusui dalam waktu satu jam setelah lahir
  • memegang kepala anak saat ia terus lurus
  • memijat dan sering menggendong bayi yang baru lahir
  • selalu menangani bayi dengan lembut, bahkan ketika orang tersebut lelah atau kesal
  • menyusui sering, setidaknya setiap empat jam
  • berbicara, membaca dan bernyanyi untuk anak sesering mungkin
  • kunjungi pekerja kesehatan dengan enam minggu bayi setelah lahir.
Tanda-tanda peringatan yang harus diperhitungkan:
  • Ini memiliki kesulitan mengisap atau menolak untuk melakukannya
  • sangat sedikit bergerak lengan dan kaki
  • hanya bereaksi terhadap suara keras dan lampu terang
  • menangis untuk waktu yang lama tanpa alasan yang jelas
  • muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi.
Pada usia ENAM BULAN
Seorang anak harus dapat:
  • mengangkat kepala dan dada ketika berbaring di perut
  • mencoba untuk mencapai objek menggantung
  • pegang dan kocok benda
  • berbalik pada kedua sisi
  • duduk dengan dukungan
  • mengeksplorasi objek dengan tangan dan mulut
  • mulai meniru suara dan ekspresi wajah
  • menanggapi nama mereka sendiri dan pada wajah-wajah yang dikenal.
Saran untuk orang tua dan pengasuh anak:
  • menempatkan anak di permukaan yang bersih, datar dan aman sehingga dapat bergerak bebas dan mencapai obyek
  • memegang anak dalam posisi yang memungkinkan Anda untuk melihat apa yang terjadi di sekitar
  • terus menyusui ketika dia bertanya siang hari dan malam hari, dan mulai menambahkan makanan lain (dua kali makan di 6-8 bulan 3-4 makan sehari-hari di 8-12 bulan)
  • bicara, membaca atau bernyanyi untuk anak sesering mungkin.
Tanda-tanda peringatan yang harus diperhitungkan:
  • kekakuan atau kesulitan bergerak anggota tubuh
  • gerakan kepala konstan (ini mungkin menunjukkan infeksi telinga, yang dapat menyebabkan ketulian jika tidak diobati)
  • sedikit atau tidak ada respon terhadap suara, wajah-wajah atau dada
  • anak menolak payudara atau makanan lain.
Pada usia DUA BELAS BULAN
Seorang anak harus dapat:
  • duduk tanpa dukungan
  • merangkak pada tangan dan lutut dan ramping ke
  • mengambil langkah-langkah bersandar pada sesuatu
  • mencoba untuk meniru kata-kata dan suara dan menanggapi permintaan sederhana
  • menikmati bermain dan bertepuk tangan
  • suara ulang dan gerak tubuh untuk perhatian
  • memegang sesuatu dengan ibu jari dan jari
  • mulai memegang benda-benda seperti sendok dan cangkir dan mencoba untuk makan sendiri.
Saran untuk orang tua dan pengasuh anak:
  • arahkan ke objek dan nama mereka, berbicara dan bermain dengan anak sering
  • mengambil keuntungan dari makanan untuk merangsang hubungan dengan semua anggota keluarga
  • jika anak berkembang perlahan-lahan atau cacat fisik, fokus pada kemampuan anak dan Dedikasikan stimulasi yang lebih besar dan interaksi.
  • Jangan meninggalkan anak di posisi yang sama selama berjam-jam
  • Pastikan bahwa lingkungan anak adalah seaman mungkin untuk menghindari kecelakaan
  • terus makan dengan ASI dan memastikan bahwa ia memiliki cukup makanan dan berbagai makanan keluarga makan
  • Membantu anak Anda untuk mencoba untuk makan dengan sendok atau cangkir
  • Pastikan bahwa anak telah diimunisasi lengkap dan menerima semua dosis yang dianjurkan suplemen mikronutrien.
Tanda-tanda peringatan yang harus diperhitungkan:
  • anak tidak memancarkan suara dalam menanggapi suara lain
  • anak tidak melihat benda-benda yang bergerak
  • anak lesu dan tidak responsif terhadap rangsangan dari pengasuh mereka
  • anak tidak memiliki nafsu makan atau menolak makanan.
Pada usia DUA TAHUN
Seorang anak harus dapat:
  • berjalan, memanjat dan berjalan
  • arahkan ke objek atau gambar saat mereka diberi nama (misalnya, hidung, mata)
  • mengatakan beberapa kata bersama-sama (dari 15 bulan)
  • ikuti petunjuk sederhana
  • mencoret-coret jika diberi pensil
  • menikmati cerita sederhana dan lagu
  • meniru perilaku orang lain
  • mulai makan sendiri.
Saran untuk orang tua dan pengasuh anak:
  • membaca, menyanyi atau bermain dengan anak
  • Ajarkan anak Anda untuk menghindari benda-benda berbahaya
  • berbicara dengan anak biasanya tidak menggunakan bicara bayi
  • terus menyusui dan memastikan anak memiliki cukup makanan dan berbagai makanan keluarga makan
  • Ajak anak untuk makan, tapi jangan memaksa
  • memberikan aturan sederhana dan menetapkan harapan yang wajar
  • Memuji prestasi anak Anda.
Tanda-tanda peringatan yang harus diperhitungkan:
  • kurangnya respon terhadap orang lain
  • kesulitan ketika mencoba untuk menjaga keseimbangan saat berjalan (lihat seorang pekerja kesehatan terlatih)
  • cedera dan perubahan dijelaskan dalam perilaku (terutama jika orang lain telah diurus anak)
  • kurangnya nafsu makan.
Pada usia TIGA TAHUN
Seorang anak harus dapat:
  • berjalan, memanjat dan berlari, menendang dan melompat dengan mudah
  • mengenali dan mengidentifikasi benda sehari-hari dan menunjuk mereka gambar
  • frase mengatakan dua atau tiga kata
  • tahu nama dan usia Anda sendiri
  • mengucapkan warna
  • memahami angka
  • menggunakan benda-benda imajiner saat bermain
  • makan mereka sendiri
  • mengungkapkan kasih sayang.
Saran untuk orang tua dan pengasuh anak:
  • membaca dan melihat buku dengan anak dan berbicara tentang gambar
  • menceritakan kisah-kisah anak dan mengajarkan sajak dan lagu
  • Berikan anak untuk makan di mangkuk sendiri atau piring
  • terus mendorong anak untuk makan, dan memberikan semua waktu yang Anda butuhkan
  • Membantu anak Anda belajar untuk berpakaian, mencuci tangan dan menggunakan toilet.
Tanda-tanda peringatan yang harus diperhitungkan:
  • kehilangan minat dalam permainan
  • sering jatuh
  • kesulitan memanipulasi benda kecil
  • kurangnya pemahaman tentang pesan sederhana
  • ketidakmampuan untuk berbicara menggunakan beberapa kata
  • sedikit atau tidak ada minat dalam makanan.
Pada usia LIMA TAHUN
Seorang anak harus dapat:
  • bergerak secara terkoordinasi
  • berbicara dalam kalimat dan menggunakan banyak kata-kata yang berbeda
  • memahami berlawanan (misalnya, lemak, tipis, tinggi dan rendah)
  • bermain dengan anak-anak lain
  • dress tanpa bantuan
  • menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana
  • menghitung 5-10 obyek
  • mencuci tangan.
Saran untuk orang tua dan pengasuh anak:
  • mendengarkan anak
  • berinteraksi sering dengan anak
  • jika anak gagap, menyarankan untuk berbicara lebih lambat
  • membaca dan menceritakan kisah-kisah
  • Mendorong anak untuk bermain dan mengeksplorasi.
Tanda-tanda peringatan yang harus diperhitungkan:

sumber :  https://www.unicef.org
  • mengamati kepribadian anak ketika dia bermain. Jika Anda menunjukkan takut atau marah atau kekerasan, mereka mungkin gejala masalah emosional atau penyalahgunaan.

No comments:

Perhatian orang tua pada perkembangan anak

Orang tua dan pengasuh anak-anak harus belajar tanda-tanda yang paling penting yang menunjukkan apakah anak berkembang secara normal. Me...