Pada usia satu bulan |
Seorang anak harus dapat: |
- putar kepala ke tangan yang membelai pipi atau mulut
- menyentuh mulut mereka
- menoleh ke suara familiar dan suara
- menyusu payudara dan menyentuhnya dengan tangan Anda.
|
Saran untuk orang tua dan pengasuh anak: |
- kontak langsung dengan anak dan menyusui dalam waktu satu jam setelah lahir
- memegang kepala anak saat ia terus lurus
- memijat dan sering menggendong bayi yang baru lahir
- selalu menangani bayi dengan lembut, bahkan ketika orang tersebut lelah atau kesal
- menyusui sering, setidaknya setiap empat jam
- berbicara, membaca dan bernyanyi untuk anak sesering mungkin
- kunjungi pekerja kesehatan dengan enam minggu bayi setelah lahir.
|
Tanda-tanda peringatan yang harus diperhitungkan: |
- Ini memiliki kesulitan mengisap atau menolak untuk melakukannya
- sangat sedikit bergerak lengan dan kaki
- hanya bereaksi terhadap suara keras dan lampu terang
- menangis untuk waktu yang lama tanpa alasan yang jelas
- muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi.
|
| Pada usia ENAM BULAN |
Seorang anak harus dapat: |
- mengangkat kepala dan dada ketika berbaring di perut
- mencoba untuk mencapai objek menggantung
- pegang dan kocok benda
- berbalik pada kedua sisi
- duduk dengan dukungan
- mengeksplorasi objek dengan tangan dan mulut
- mulai meniru suara dan ekspresi wajah
- menanggapi nama mereka sendiri dan pada wajah-wajah yang dikenal.
|
Saran untuk orang tua dan pengasuh anak: |
- menempatkan anak di permukaan yang bersih, datar dan aman sehingga dapat bergerak bebas dan mencapai obyek
- memegang anak dalam posisi yang memungkinkan Anda untuk melihat apa yang terjadi di sekitar
- terus menyusui ketika dia bertanya siang hari dan malam hari, dan mulai menambahkan makanan lain (dua kali makan di 6-8 bulan 3-4 makan sehari-hari di 8-12 bulan)
- bicara, membaca atau bernyanyi untuk anak sesering mungkin.
|
Tanda-tanda peringatan yang harus diperhitungkan: |
- kekakuan atau kesulitan bergerak anggota tubuh
- gerakan kepala konstan (ini mungkin menunjukkan infeksi telinga, yang dapat menyebabkan ketulian jika tidak diobati)
- sedikit atau tidak ada respon terhadap suara, wajah-wajah atau dada
- anak menolak payudara atau makanan lain.
|
| Pada usia DUA BELAS BULAN |
Seorang anak harus dapat: |
- duduk tanpa dukungan
- merangkak pada tangan dan lutut dan ramping ke
- mengambil langkah-langkah bersandar pada sesuatu
- mencoba untuk meniru kata-kata dan suara dan menanggapi permintaan sederhana
- menikmati bermain dan bertepuk tangan
- suara ulang dan gerak tubuh untuk perhatian
- memegang sesuatu dengan ibu jari dan jari
- mulai memegang benda-benda seperti sendok dan cangkir dan mencoba untuk makan sendiri.
|
Saran untuk orang tua dan pengasuh anak: |
- arahkan ke objek dan nama mereka, berbicara dan bermain dengan anak sering
- mengambil keuntungan dari makanan untuk merangsang hubungan dengan semua anggota keluarga
- jika anak berkembang perlahan-lahan atau cacat fisik, fokus pada kemampuan anak dan Dedikasikan stimulasi yang lebih besar dan interaksi.
- Jangan meninggalkan anak di posisi yang sama selama berjam-jam
- Pastikan bahwa lingkungan anak adalah seaman mungkin untuk menghindari kecelakaan
- terus makan dengan ASI dan memastikan bahwa ia memiliki cukup makanan dan berbagai makanan keluarga makan
- Membantu anak Anda untuk mencoba untuk makan dengan sendok atau cangkir
- Pastikan bahwa anak telah diimunisasi lengkap dan menerima semua dosis yang dianjurkan suplemen mikronutrien.
|
Tanda-tanda peringatan yang harus diperhitungkan: |
- anak tidak memancarkan suara dalam menanggapi suara lain
- anak tidak melihat benda-benda yang bergerak
- anak lesu dan tidak responsif terhadap rangsangan dari pengasuh mereka
- anak tidak memiliki nafsu makan atau menolak makanan.
|
| Pada usia DUA TAHUN |
Seorang anak harus dapat: |
- berjalan, memanjat dan berjalan
- arahkan ke objek atau gambar saat mereka diberi nama (misalnya, hidung, mata)
- mengatakan beberapa kata bersama-sama (dari 15 bulan)
- ikuti petunjuk sederhana
- mencoret-coret jika diberi pensil
- menikmati cerita sederhana dan lagu
- meniru perilaku orang lain
- mulai makan sendiri.
|
Saran untuk orang tua dan pengasuh anak: |
- membaca, menyanyi atau bermain dengan anak
- Ajarkan anak Anda untuk menghindari benda-benda berbahaya
- berbicara dengan anak biasanya tidak menggunakan bicara bayi
- terus menyusui dan memastikan anak memiliki cukup makanan dan berbagai makanan keluarga makan
- Ajak anak untuk makan, tapi jangan memaksa
- memberikan aturan sederhana dan menetapkan harapan yang wajar
- Memuji prestasi anak Anda.
|
Tanda-tanda peringatan yang harus diperhitungkan: |
- kurangnya respon terhadap orang lain
- kesulitan ketika mencoba untuk menjaga keseimbangan saat berjalan (lihat seorang pekerja kesehatan terlatih)
- cedera dan perubahan dijelaskan dalam perilaku (terutama jika orang lain telah diurus anak)
- kurangnya nafsu makan.
|
| Pada usia TIGA TAHUN |
Seorang anak harus dapat: |
- berjalan, memanjat dan berlari, menendang dan melompat dengan mudah
- mengenali dan mengidentifikasi benda sehari-hari dan menunjuk mereka gambar
- frase mengatakan dua atau tiga kata
- tahu nama dan usia Anda sendiri
- mengucapkan warna
- memahami angka
- menggunakan benda-benda imajiner saat bermain
- makan mereka sendiri
- mengungkapkan kasih sayang.
|
Saran untuk orang tua dan pengasuh anak: |
- membaca dan melihat buku dengan anak dan berbicara tentang gambar
- menceritakan kisah-kisah anak dan mengajarkan sajak dan lagu
- Berikan anak untuk makan di mangkuk sendiri atau piring
- terus mendorong anak untuk makan, dan memberikan semua waktu yang Anda butuhkan
- Membantu anak Anda belajar untuk berpakaian, mencuci tangan dan menggunakan toilet.
|
Tanda-tanda peringatan yang harus diperhitungkan: |
- kehilangan minat dalam permainan
- sering jatuh
- kesulitan memanipulasi benda kecil
- kurangnya pemahaman tentang pesan sederhana
- ketidakmampuan untuk berbicara menggunakan beberapa kata
- sedikit atau tidak ada minat dalam makanan.
|
| Pada usia LIMA TAHUN |
Seorang anak harus dapat: |
- bergerak secara terkoordinasi
- berbicara dalam kalimat dan menggunakan banyak kata-kata yang berbeda
- memahami berlawanan (misalnya, lemak, tipis, tinggi dan rendah)
- bermain dengan anak-anak lain
- dress tanpa bantuan
- menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana
- menghitung 5-10 obyek
- mencuci tangan.
|
Saran untuk orang tua dan pengasuh anak: |
- mendengarkan anak
- berinteraksi sering dengan anak
- jika anak gagap, menyarankan untuk berbicara lebih lambat
- membaca dan menceritakan kisah-kisah
- Mendorong anak untuk bermain dan mengeksplorasi.
|
Tanda-tanda peringatan yang harus diperhitungkan:
sumber : https://www.unicef.org |
- mengamati kepribadian anak ketika dia bermain. Jika Anda menunjukkan takut atau marah atau kekerasan, mereka mungkin gejala masalah emosional atau penyalahgunaan.
|
No comments:
Post a Comment