Sunday, October 9, 2011

Kesehatan Masyarakat Dan Terorisme


Kejadian pada tahun 2001 membuat penduduk cemas, khawatir terhadap kondisi keselamatan dan kesehatan mereka. Bahkan kelompok atau individu tidak hanya ingin mencari tahu penyebab kerusakan rumah mereka tetapi juga siapa dalang dari kejadian ini dan mendesak kita untuk berpikir bagaimana mencegah terjadinya kejadian yang sama di masa depan. Tindakan pencegahan kejahatan seperti pembajakan pesawat adalah tanggung jawab penuh dari pelaksana undang-undang, kesehatan masyarakat memegang peranan penting dalam mengontrol kerusakan akibat kejadian ini. Dengan kata lain, pencegahan I terhadap teroris diluar wewenang kesehatan masyarakat, tetapi pencegahan II dan III merupakan misi kesehatan masyarakat.

Tabrakan 2 pesawat di WTC memicu keadaan darurat di berbagai kota New york dan negara bagian New York. Rumah sakit gawat darurat penuh, dokter dan perawat dipanggil. Sistem perawatan kesehatan menampung banyak orang yang terluka. Sayangnya, kurang persiapan karena jumlah penyelamat sedikit.
Respon kesehatan masyarakat terhadap tragedi 11 September 2001 hampir sama dengan respon yang diberikan ketika terjadi bencana: gempa bumi, letusan gunung, tabrakan pesawat dan kereta, ledakan pabrik dan sebagainya. Kesehatan masyarakat tidak hanya bekoordinasi dengan perawatan darurat medis, tetapi juga keselamatan pekerja dan pengosongan lokasi. Masalah polusi udara, kontaminasi air, makanan basi, hama penyakit, dan lainnya, harus segera diselesaikan setelah bencana alam.
Kesehatan masyarakat menjadi begitu penting setelah munculnya anthrax. Serangan bioteroris ini tidak begitu heboh seperti terjadinya pembajakan pesawat. Bel peringatan rumah sakit tidak berbunyi ketika beberapa pasien dibawa ke ruang gawat darurat. Gejala anthrax hampir sama dengan AIDS, seperti yang dilaporkan oleh  pimpinan kesehatan masyarakat, yang telah melakukan investigasi.
Kerusakan akibat anthrax relatif kecil. Kerusakan akibat serangan bioteror melalui  infeksi mikroorganisme memaksa sektor sosial untuk lebih memberikan perhatian terhadap kesehatan masyarakat. Spekulasi tentang apa yang dapat terjadi jika teroris menyebarkan virus cacar dalam keramaian, pimpinan kesehatan masyarakat Tiba-tiba media dan politikus mulai membicarakan kesehatan masyarakat. Ironisnya, serangan bioteroris lebih mendidik masyarakat tentang kesehatan dibandingkan melalui program pendidikan. Kutipan dari Robert F.Meenan, dekan kesehatan masyarakat Universitas Boston, serangan anthrax  membikin “Pemasaran campaign kita tidak pernah dibeli”.

No comments:

Perhatian orang tua pada perkembangan anak

Orang tua dan pengasuh anak-anak harus belajar tanda-tanda yang paling penting yang menunjukkan apakah anak berkembang secara normal. Me...